Blessed to be Bless

10 Info Angklung

Penulis tiba-tiba tertarik untuk menulis 10 informasi tentang Angklung.

Tahukah kamu?…

  1. Angklung merupakan alat musik multitional (bernada ganda)
  2. Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Angklung merupakan salah 1 alat musik yang berbahan dasar bambu
  4. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan secara cepat sehingga terdengar suara/nada tertentu yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran.
  5. Angklung dapat dimainkan oleh grup maupun single
  6. Angklung terbesar pernah dibuat oleh Bandung Indah Plaza (PT. Antara Nusa Permai) pada pertengahan Tahun 2008 dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun BIP ke 18 serta perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 63. Ukurannya 5m x 10m. Diameter 60 cm.  (sumber: http://muri-rekor.blogspot.com/2008/08/angklung-terbesar.html)
  7. Catatan mengenai angklung baru muncul merujuk pada masa Kerajaan Sunda (abad ke-12 sampai abad ke-16). Asal usul terciptanya musik bambu, seperti angklung berdasarkan pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan sumber kehidupan dari padi (pare) sebagai makanan pokoknya. Hal ini melahirkan mitos kepercayaan terhadap Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Padi pemberi kehidupan (hirup-hurip). Masyarakat Baduy, yang dianggap sebagai sisa-sisa masyarakat Sunda asli, menerapkan angklung sebagai bagian dari ritual mengawali penanaman padi. Permainan angklung gubrag di Jasinga, Bogor, adalah salah satu yang masih hidup sejak lebih dari 400 tahun lampau. Kemunculannya berawal dari ritus padi. Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Angklung)
  8. Ada 11 Jenis Angklung yaitu Angklung Kanekes, Angklung Dogdog Lojor, Angklung Gubrag, Angklung Badeng, Buncis, Angklung Padaeng, Angklung Sarinande, Aruba, Arumba, Angklung Toel, Angklung Sri-Murni. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Angklung)
  9. Udjo Ngalagena, seorang tokoh angklung yang sejak 1966 mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro dan madenda, mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Angklung)
  10. Modernisasi Angklung yang dilakukan dengan kreatifitas antara lain :
    • Angklung elektrik karya Agus Suhardiman
    • Angklung otomatis, Tugas akhir Kadek Kertayasa di STIKOM Surabaya
    • Tra-digi, angklung robot yang dikontrol oleh i-pod, ciptaan Hasim Ghozali
    • Klungbot, robot angklung yang mula-mula dikreasi oleh Krisna Diastama dan Karismanto Rahmadika, kemudian dilanjutkan oleh Eko Mursito Budi. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Angklung)

Sekian sekilas info tentang angklung… semoga bermanfaat..

Info apa lagi yang kamu ingin tau?.. silakan tinggalkan komentar, penulis akan mengusahakan mencarikannya untuk kamu (^v^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: